Kabar Berita

Berita dan Lowongan Kerja Update

Bappenas Bakal Naik Gaji

JAKARTA, JUMAT – Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) akan menerapkan sistem remunerasi (uang jasa atau penghargaan) sebesar Rp 87,6 triliun, guna mengurangi adanya tindak korupsi pegawainya, tahun 2009 mendatang. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Utama Menneg PPN/Kepala Bappenas Syahrial Loetan, di Jakarta, Kamis (25/9).

Menurut Syahrial, remunerasi Bappenas merupakan upaya menata kembali sistem administrasi pemerintahan yang lebih efisien. Di dalamnya terdapat elemen perbaikan income dari penyelenggaranya. “Elemen itu untuk mengurangi korupsi. kalau meniadakan korupsi tapi level incomenya tidak diperbaiki, itu kan non sense,” kata Syahrial.

Rencana ini, menurut Syahrial, sudah menjadi agenda lama Bappenas. Namun, belakangan ini mencuat kembali kerena Bappenas termasuk pilot project di nota keuangan. Bappenas merpakan satu dari enam model institusi yang akan menjalankan refomasi birokrasi sekaligus menjalankan performance based budgeting.

Syahrial mengaku, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan perangkat-perangkatnya.”Memang kita sudah mendapat lampu hijau dari DPR karena mereka salut kita tidak minta tambahan duit,” tutur Syahrial.

Sistem remunerasi Bappenas, kata Syahrial, berbeda dengan yang diterapkan di Departemen Keuangan. Kegiatan yang dianggap tidak terlalu penting akan dibuang, sedangkan honor-honor akan digabungkan ke dalam remunerasi.”Tentunya kita harus cari basisnya, tapi tidak sama dengan Depkeu itu,” paparnya.

Selain itu, Bappenas yang pertama menggunakan sistem performance based budgeting dimana didasari dengan absensi kehadiran pegawai. “Ada Eselon I pun tidak kita samakan. Ada Eselon I yang heavy dan tidak heavy, ada yang basic, satu golongan sama semua,” jelasnya.

Bappenas juga akan memakai key performance indicator, dimana bisa menunjukkan orang berprestasi atau tidak. Jika yang kerjanya lebih buruk akan dapat reduksi banyak, yang loadnya berat akan lebih bagus.

Sumber : kompas.Com 26-sept-2008

September 26, 2008 - Posted by | Uncategorized | , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: