Kabar Berita

Berita dan Lowongan Kerja Update

Gus Dur Dimakamkan di Utara Pusara Kakeknya

Jenazah mantan Presiden RI, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur akan dimakamkan di sebelah utara pusara kakeknya yang juga pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy’ari di Pondok Pesantren (PP) Tebuireng, Jombang, Jawa Timur.

“Sesuai kesepakatan keluarga, rencananya makam Gus Dur di sebelah utara Mbah Hasyim Asy’ari,” kata Pengasuh PP Tebuireng, KH Sholahuddin Wahid atau Gus Sholah, saat ditemui di kediamannya, Kamis.

Menurut adik kandung Gus Dur, makam kakaknya yang berada di sebelah barat masjid PP Tebuireng itu baru akan digali Kamis pagi usai salat Shubuh. “Gus Dur akan dimakamkan besok pagi pukul 09.00 WIB. Tetapi, semuanya tergantung dari Jakarta karena sekarang jenazahnya masih di sana,” kata Gus Sholah.

Sementara itu, persiapan menjelang pemakaman Gus Dur sudah terlihat sejak Rabu (30/12) malam. Tenda untuk para tamu undangan sudah didirikan di timur masjid dan sebelah utara kompleks pemakaman keluarga besar PP Tebuireng. Beberapa personel TNI Angkatan Darat dan Kepolisian Resor (Polres) Jombang, baik yang mengenakan seragam maupun berpakaian sipil juga terlihat siap siaga di dalam dan di luar kompleks pondok pesantren yang berjarak sekitar delapan kilometer arah selatan pusat kota Jombang itu. Komando Daerah Militer (Kodam) V/Brawijaya pun mengerahkan dua unit panser terbarunya dari Surabaya untuk mengamankan lokasi upacara pemakaman mantan Ketua Umum PBNU itu. Pengamanan ekstra ketat itu terkait dengan kehadiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang menurut rencana akan menjadi inspektur upacara pada pemakaman Gus Dur di PP Tebuireng.

Sumber: Kompas.com

December 31, 2009 - Posted by | Uncategorized | , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: