Kabar Berita

Berita dan Lowongan Kerja Update

Bikin Peraturan Baru, Bapepam Perketat Aturan Manajer Investasi

JAKARTA – Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) memperketat aturan menyangkut manajer investasi. Hal itu akan direalisasikan dalam Peraturan Nomor V.A.3 tentang pedoman pelaksanaan fungsi-fungsi manajer investasi dan perizinan perusahaan efek yang melakukan kegiatan sebagai manajer investasi.

”Saya akan menandatangani peraturan baru itu hari ini (kemarin,red). Ini untuk melindungi investor pasar modal, mengurangi risiko sistemik, dan meningkatkan efisiensi. Semua agar kasus seperti Sarijaya tak terulang lagi,” kata Ketua Bapepam-LK Fuad Rahmany pada konferensi pers akhir tahun di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, kemarin (30/12).

Dia menjelaskan, mekanisme perizinan itu di antaranya terkait kewajiban memberi jaminan ke Bapepam-LK bahwa manajer investasi memiliki perencanaan ke depan dan kapasitas sumber daya manusia (SDM), compliance atau kepatuhan pada peraturan dan manajemen risiko (risk management). ”Jadi, manajer investasi benar-benar diminta untuk membuktikan bahwa mereka siap untuk comply dan menerapkan SOP (standard operating procedure, Red),” tegasnya.

Menurut Fuad, manajer investasi juga diharapkan memiliki mekanisme penyelesaian sengketa (dispute resolution). ”Jadi, setelah ini mereka tidak bisa asal-asalan. Peraturan ini terbit setelah kami berpengalaman menangani beberapa kasus para manajer investasi di pasar modal,” ujarnya. Fuad menambahkan, Bapepam-LK akan meminta komitmen dari awal. Setelah mendapat izin, manajer investasi akan dipantau lagi.

Fuad mengatakan, pihaknya berjanji juga akan berkomitmen pada penegakan hukum terhadap aturan ini. Salah satunya dengan mengancam akan mencabut izin manajer investasi jika melanggar aturan. Dalam aturan tersebut ada mekanisme baru yang diperkenalkan dalam melakukan perizinan. Aturan itu akan diperkenalkan di seluruh industri keuangan, termasuk dana pensiun dan asuransi. ”Awalnya diterapkan di manajer investasi,” tegasnya.

Sumber: Jawapos.com

January 1, 2010 - Posted by | Uncategorized | ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: