Kabar Berita

Berita dan Lowongan Kerja Update

Nanan & Susno Berpeluang Menjadi Kapolri

Bursa calon Kapolri menjadi topik menarik untuk dibicarakan. Wacana ini mengemuka kala Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri (BHD) mendekati masa pensiunnya. Siapakah calon kuat pengganti jenderal bintang empat itu?

Ada sejumlah nama yang difavoritkan menjadi pengganti BHD. Nama-nama seperti Komjen Pol Nanan Soekarna, Komjen Pol Susno Duadji, Irjen Pol Timur Pradopo, Irjen Pol Oegroeseno, dan Irjen Pol Imam Soedjarwo ramai dibicarakan.

Namun, hanya dua nama yang berpeluang besar mengisi posisi Trunojoyo I.

“Kalau melihat kondisi saat ini berikut posisinya yang paling berpeluang adalah Pak Nanan dan Pak Susno hal ini karena masa pensiunnya masih panjang tiga tahun lagi sedangkan lainnya masih harus naik lagi ke bintang tiga,” ujar Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane saat berbincang dengan okezone, Rabu (9/6/2010).

Dia menjelaskan, Nanan dan Susno dalam statusnya sebagai anggota Polri aktif merupakan figur yang dinilai sangat tepat menggantikan BHD karena tercatat memiliki kinerja baik dalam menjalankan tugasnya di institusi kepolisian.

Kendati begitu, keduanya memiliki sedikit kendala yang bukan mustahil dapat menggagalkan keduanya menduduki posisi paling prestisius di institutsi Polri itu.

“Memang ada kelemahan seperti Pak Nanan misalnya terbentur insiden di Sumut (menewaskan Ketua DPRD Sumut) itu. Sedangkan Pak Susno sendiri saat ini tengah ditahan lantaran kriminalisasi oleh elit Polri. Kalau saya melihat secara keseluruhan dari segi kinerja saya kira mereka sudah cukup bagus,” paparnya.

Saat ditanya yang paling ideal menggantikan BHD memimpin Polri ke depan, Neta menjelaskan orang itu harus bersih dan memiliki konsistensi untuk berupaya membangun Polri menjadi lebih baik, menjalankan reformasi kepolisian yang berorientasi kepada tegaknya hukum dan keadilan.

“Peluang Pak Susno tetap ada karena sejauh ini pengadilan belum memutuskan dirinya bersalah. Apalagi bila DPR juga mendukung maka peluang itu akan semakin terbuka lebar,” pungkasnya.

Seperti diberitakan, bursa calon kapolri pengganti Jenderal Bambang Hendarso Danuri (BHD), belakangan kian memanas. Hal ini dilatari oleh adanya sejumlah Pati Polri yang telah memasuki masa pensiun.

Dua Jenderal bintang tiga yang mungkin menggantikan BHD, telah memasuki pensiun seperti Komjen Saleh Saaf dan Komjen Iman Haryatna. Lalu, muncullah nama Nanan Soekarna dan Susno Duadji. Keduanya lalu disebut-sebut memiliki peluang seimbang untuk memperebutkan kursi Truno I.

June 10, 2010 - Posted by | Uncategorized | ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: