Kabar Berita

Berita dan Lowongan Kerja Update

Julia, Robot Rumahan Yang Bisa Nyanyi dan Joget

Robot Julia (dailymail)

Sebuah robot lucu berhasil menarik perhatian pada acara Taipei International Robot Show (TIROS) yang digelar di Taiwan. Robot yang dinamai Julia ini merupakan robot penghibur rumahan yang mampu bernyanyi dan berjoget. Julia rupanya dikembangkan sejak tahun 2007 oleh tim dari Advanced Control Lab di Universitas Nasional Taiwan.

Dikutip detikINET dari Plastic Pals, Rabu (20/10/2010), Julia mampu merespon perintah suara dan dapat berinteraksi melalui layar sentuh di bagian depan robot yang dapat menampilkan berbagai fitur. Robot ini bisa diperintah untuk bergerak maju, mundur, berputar, berbelok, menyalakan aplikasi pemutar musik dan bahkan bisa untuk mengakses internet.

Tak seperti robot lainnya yang kaku, robot Julia ini diaku bisa berinteraksi secara alami melalui pertanyaan dan jawaban yang diberikan.

Sebagai bagian dari sistem, setiap rumah nantinya akan diupgrade dengan sensor yang bisa menjadikan rumah tersebut menjadi rumah pintar sehingga bisa berinteraksi dengan robot secara langsung.

Robot Julia akan menggunakan jaringan sensor untuk memberikan informasi umum ketika ada orang di rumah dan melakukan tugas jaga ketika penghuni rumah sedang bepergian. Untuk alasan keamanan, Julia juga dilengkapi dengan beberapa sensor ultrasonik, laser untuk mendeteksi hambatan, dan fitur pemetaan.

October 20, 2010 - Posted by | Uncategorized |

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: