Kabar Berita

Berita dan Lowongan Kerja Update

Juara Grup, Spanyol Jumpa Italia di Semifinal

FORTALEZA – Timnas Spanyol meraih kemenangan atas Nigeria pada laga terakhir penyisihan Grup A Piala Konfederasi 2013 di Estádio Governador Plácido, Senin (24/6/2013) dini hari WIB. Spanyol berhasil menang lewat skor telak 3-0.

Dengan kemenangan ini, La Furia Roja sukses keluar sebagai jawara Grup B pada Piala Konfederasi di Brasil. Pada babak selanjutnya, Spanyol akan menantang Italia yang keluar sebagai runner-up di Grup A pada 28 Juni mendatang.

Pertandingan di semifinal nanti sendiri, bisa menjadi ajang balas dendam bagi pasukan Gli Azzurri. Pasalnya, Italia pernah dikalahkan Spanyol pada final Euro 2012 dan belum lama ini para pemain U-21 Italia pun kalah dari Spanyol pada final EuroU-21 lewat skor 4-2.

Jalannya Pertandingan
Babak Pertama.
Pada laga kali ini, pelatih Vicente Del Bosque kembali melakukan perubahan dengan menempatkan Roberto Soldado di depan dan Victor Valdes di bawah mistar gawang. Sementara itu, Andres Iniesta diduetkan dengan rekan setimnya di Barcelona, Xavi Hernandez.

Sejauh ini keduanya menjadi motor permainan La Furia Roja dan memberikan umpan-umpan yang memanjakan. Laga baru berjalan tiga menit, Spanyol berhasil membuka keunggulan menjadi 1-0 atas Nigeria.

Gol pembuka Spanyol sukses dicetak oleh Jordi Alba usai melewati melewati hadangan beberapa bek Nigeria sebelum melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti. Bola hasil sepakannya pun gagal diamankan oleh kiper Vincent Enyeama.

The Super Eagles sendiri lebih mengandalkan John Obi Mikel di lini tengah. Gelandang Chelsea itu sempat mengancam pertahanan Spanyol pada menit ke-11 lewat serangan cepatnya, beruntung sepakannya masih bisa diblok oleh Sergio Ramos.

Beberapa peluang yang didapatkan Nigeria dengan memanfaatkan beberapa kesalahan barisan belakang Spanyol. Seperti spekulasi yang dilakukan oleh Joseph Akpala, sayang eksekusinya masih sangat lemah.

Memasuki menit ke-26, Soldado mendapatkan kesempatan untuk menggandakan kedudukan usai lolos dari jebakan offside saat menerima umpan lambung Ramos. Akan tetapi, sepakan pemain Valencia tersebut bisa ditepis oleh Enyeama.

Akpala kembali mendapat peluang usai memanfaatkan umpan silang Ambrose, tetapi bola tandukannya masih mengarah tepat ke Valdes. Soldado kembali lolos dari perangkap offside pada menit ke-31, namun lagi-lagi Enyeama berhasil mengamankannya.

Giliran Cesc Fabregas yang memberikan ancaman ke gawang Nigeria pada menit ke-39, namun bola sepakannya hasil umpan dari Soldado masih terkena tiang gawang. Menit akhir babak pertama, Spanyol mendapatkan hadiah tendangan bebas.

Xavi yang menjadi eksekutor melepaskan sepakan yang langsung disambut oleh sundulan Ramos tapi masih mengarah tepat ke tangkapan Enyeama. Skor 1-0 pun bagi keunggulan Spanyol tetap bertahan hingga babak pertama usai.

Babak Kedua:
Memasuki babak kedua, Spanyol langsung tampil menekan dengan terus mencari celah untuk menerobos pertahanan dari Nigeria lewat bola dari kaki ke kaki. Menit ke-53, Xaxi mengeksekusi tendangan bebas untuk Spanyol, sayang bola masih tipis di atas mistar Enyeama.

Del Bosque menarik keluar Soldado dengan memasukan Fernando Torres yang berhasil mencetak empat gol ke gawang Tahiti beberapa waktu lalu. Ternyata, keputusan sang entrenador berbuah manis.

Torres berhasil menggandakan kedudukan menjadi 2-0 pada menit ke-62. Pemain Chelsea ini berhasil memanfaatkan umpan akurat Pedro dari sisi kiri, tandukannya pun tak bisa diantisipasi oleh Enyeama.

Nigeria mendapatkan peluang untuk memperkecil kedudukan pada menit ke-75 lewat Mohammed Gambo. Akan tetapi, usahanya dalam meneruskan umpan terukur Musa masih melebar dari gawang Valdes.

Memasuki menit 80-an, pasukan Spanyol sedikit mengurangi tekanannya ke daerah pertahanan lawan. Alhasil, kondisi tersebut coba dimanfaatkan dengan baik oleh Nigeria seperti yang dilakukan oleh Ahmed Musa, meski sepakannya masih jauh dari sasaran.

Alba kembali mencetak gol keduanya ke gawang Nigeria pada laga kali ini pada menit ke-88 dengan memanfaatkan umpan lambung dari David Villa. Skor 3-0 pun menjadi milik Spanyol hingga berakhirnya pertandingan.

Susunan Pemain
Nigeria: Enyeama, Ambrose, Omeruo (Egwuekwe 10), Oboabona, Echiejile, Mikel, Ogude, Mba (Ogu 64), Ideye, Akpala (Gambo 71), Musa

Spanyol: Valdes, Arbeloa, Ramos, Pique, Alba, Busquets, Xavi, Fabregas (Silva 54), Iniesta, Soldado (Torres 60), Pedro (Villa 75). (okezone)

June 24, 2013 - Posted by | Uncategorized | ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: